OBYEK WISATA ALAM DI SUKABUMI

TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN

Jl. Raya Cipanas Kabandungan, PO BOX 02, Parungkuda-Sukabumi, Jawa Barat
Phone: 0266-621256 Fax. 0266-621257


 

 

 

 


 

Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) terletak lebih kurang 100 km arah Baratdaya Jakarta dan termasuk dalam Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Lebak (Banten). Kondisi alam yang berbukit-bukit menjadikannya sebagai benteng pelindung puncak Gunung Halimun.
Ada tujuh puncak gunung bukit yang memagari Halimun, yaitu Gunung Sanggabuana, Kencana, Botol, Pareang, Halimun Selatan, Pananjoan, dan Gunung Kendeng.

Air Terjun
Beberapa air terjun yang dapat dikunjungi yaitu Air Terjun Cimantaja dan Cipamulaan di sekitar Cikiray, Air Terjun Piit dan Cihanjawar di sekitar Nirmala Tea Estate, Air Terjun Citangkolo dan Ciraksamala di sekitar Mekarjaya, dan Air Terjun Ciberang di dekat Cisarua.

Satwa
Banyak satwa liar dan langka yang di lindungi di TNGH ini. Seperti Macan tutul, Kucing hutan, Landak, Trenggiling dan Elang.

Cikaniki
Selain sebagai stasiun peneliti, yang mendukung penelitian hutan di sekitar Cikaniki - Citalahab. Juga tersedia Wisma penginapan untuk tamu yang mau bermalam. Selain itu, di sini juga terdapat conopy yang terbentang dari pohon kepohon, dengan ketinggian 30 m dan panjang sekitar 100 m.

Citalahap
Disini juga terdapat wisma tamu yang memiliki fasilitas 5 kamar dan disewakan untuk umum. Tersedia juga Camping ground yang letaknya persis di belakang wisma tamu.
Masih banyak lagi obyek-obyek menarik disekitar Taman Nasional Gunung Halimun ini. Kami mengajak Anda untuk menikmatinya langsung disini. (PV)

Sumber: www.tnhalimun.go.id & highcamp.web.id