WISATA BELANJA

KAWASAN WISATA BELANJA DI TAJUR - BOGOR


v

 

Di Bogor, tepatnya di daerah Tajur, terdapat kawasan wisata belanja yang banyak menjual beragam jenis tas, sepatu, dan perlengkapan pribadi lainnya. Kawasan yang dalam beberapa tahun terakhir ini mulai berkembang, selalu saja ramai dikunjungi oleh pembeli dari berbagai kalangan. Setiap akhir pekan atau liburan sekolah, kawasan ini banyak didatangi pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya. Ada juga yang singgah ke sini sepulangnya dari berwisata di Puncak.

Untuk menuju ke kawasan ini sangatlah mudah, karena melihat dari lokasinya yang tak seberapa jauh dari terminal Baranang-siang, Bogor ke arah Ciawi. Bila dari Puncak, Anda bisa melewati pasar Ciawi lalu ambil jalan lurus ke arah Kota Bogor. Dari beberapa toko yang ada, rata-rata menjual produk yang beragam. Selain tas, tersedia juga sepatu, pakaian, jaket, dompet, ikat pinggang dan lain sebagainya.

Berbagai jenis tas dengan beragam corak dan ukuran dipatok dengan harga yang lumayan murah, seperti tas anak sekolah mulai dari Rp20.000, tas kantor mulai dari Rp25.000, tas wanita mulai dari Rp15.000,- dan tas koper mulai dari Rp. 20.000,-. Soal ukuran dan model Anda tak perlu khawatir, tersedia banyak pilihan ukuran dan model sesuai dengan trend. Mereknya pun beragam, mulai dari yang tanpa merek sampai yang bermerk luar negeri. Tas Tajur memang sudah cukup dikenal, khususnya bagi warga Jakarta. Bahkan beberapa toko tas yang ada di Jakarta membeli dari sini.

Pada musim liburan, kawasan ini diserbu pembeli khususnya dari anak-anak sekolah. “Setiap musim libur tahun ajaran baru, saya selalu mengajak anak-anak untuk membeli tas sekolah” demikian menurut Ibu Arin, pengunjung yang sengaja datang dari Jakarta. Tapi Ibu yang berputra dua ini tidak hanya sekedar mengantar anaknya, ia tak bisa bisa menahan keinginan untuk membeli tas pula. “Jenis tas disini sangat beragam, jadi saya merasa sreg untuk menentukan pilihan, harganya pun murah lho…” ujarnya.

Belanja Sambil Wisata
Bila Anda ingin melihat sentra produksi tas tajur, datanglah ke wisata belanja SKI, yang merupakan kawasan wisata belanja tas yang dikelola oleh Sumber Karya Indah (SKI). Selain tersedia galery penjualan tas, disini pula Anda bisa melihat langsung proses produksi pembuatan tas, mulai dari pengukuran bahan, merancang model, sampai penjahitan. Anda pun bisa memesan tas dengan model yang telah Anda tentukan sendiri.

Tas produksi SKI ini banyak diminati pembeli, tak heran bila banyak pembeli yang sengaja datang ke sini. “Umumnya, setiap musim liburan sekolah, banyak pengunjung yang datang. Otomatis permintaan produksi pun meningkat.” Demikian menurut Michael, staff dari SKI. Perusahaan pioneer yang memproduksi tas tajur ini setiap minggunya memproduksi 50 lusin tas wanita. Sedangkan untuk tas sekolah dan kantor, produksinya mengikuti permintaan pasar. Di galery SKI tersedia lengkap beragam tas dengan aneka corak dan ukuran, mulai dari yang tanpa merek sampai yang bermerk luar negeri. Bagaimana? Apakah Anda tertarik. Jangan segan-segan untuk mampir ke sini. (IP)


v